KULIAH KERJA NYATA MUHAMMADIYAH UNTUK NEGERI

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah untuk Negeri adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah amar makruf nahi munkar oleh sebuah atau beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri (KKN Mu) periode IV tahun 2017 memiliki tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Potensi dan Kearifan Lokal Menuju Kemandirian”. Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan atau 30 hari, dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 sampai dengan 30 Agustus 2017, berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Peserta KKN Mu berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dengan latar belakang prodi, fakultas, serta PTM yang berbeda-beda, di antaranya yaitu UM Riau, UM Palembang, UM Tangerang, UM Jakarta, UHAMKA, UM Purwokerto, UAD, UM Makassar, UM Sorong, dll. Peserta KKN dikelompokkan ke dalam 45 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 9 – 10 orang, yang ditempatkan di berbagai desa di 4 Kecamatan yang berada di Kabupaten Ogan Ilir, yaitu Tanjung Batu, Payaraman, Tanjung Raja dan Indralaya.

Bidang program/kegiatan yang dilakukan selama KKN Mu dikelompokkan menjadi 4 bidang program, baik individu maupun bersama/kelompok, yaitu bidang keilmuan/bimbingan belajar, bidang keagamaan, bidang seni dan olahraga, serta bidang tematik dan non tematik. Bidang keilmuan/bimbingan belajar, yaitu kegiatan KKN yang berkaitan dengan program studi atau bidang ilmu yang serumpun dengan program studi, di antaranya adalah penyelenggaraan kegiatan bimbingan belajar dan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya cuci tangan kepada murid-murid SD. Bidang keagamaan, yaitu kegiatan KKN yang berkaitan dengan pemahaman, pendalaman, maupun pengamalan agama Islam, di antaranya adalah kegiatan pendampingan TPA dan perlombaan keagamaan. Bidang seni dan olahraga, yaitu kegiatan KKN yang berkaitan dengan seni dan olahraga yang berkembang di masyarakat atau akan dikembangkan di masyarakat, di antaranya adalah kegiatan pelatihan dan perlombaan gerak dan lagu, serta pelatihan dan pertandingan tonis. Bidang tematik dan non tematik, yaitu kegiatan KKN yang berhubungan dengan tema yang telah ditentukan, di antaranya adalah kegiatan memasak bersama Ibu-ibu PKK di Desa, penyerahan buku-buku bacaan anak yang baik dan layak pakai, pengadaan plang jalan desa, serta penanaman bibit tanaman buah-buahan.

Manfaat kuliah kerja nyata bagi mahasiswa, antara lain yaitu membangun silaturahmi dengan masyarakat desa dan teman-teman sesama peserta KKN Mu dalam rangka memperkuat kesatuan dan nasionalisme, memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada para mahasiswa sehingga tumbuh sifat profesionalisme dan kepedulian sosial dalam arti peningkatan keahlian, tanggung jawab, rasa kebersamaan, persaudaraan dan tolong-menolong, serta melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program di masyarakat.